Perbedaan Intel Core i3, i5, dan i7

Intel dah agak lama merilis processor terbarunya yaitu Intel core i7, kemudian disusul i5 dan i3. Yang perlu diperhatikan nanti Intel ga bakal pake lagi brand core 2 duo dan core 2 quad, sedangkan brand pentium dan celeron bakal dipertahankan. Terus kalo brand centrino mereka bakal pake di produknya yang berbasis Wifi dan Wimax, jadi ga bakal lagi kita nemuin notebook dengan brand Intel Centrino.

Lalu apa perbedaan dari ketiga produk barunya tersebut? Intinya sih core i3 ditujukan buat Entry Level, core i5 buat mid level, kalo core i7 buat High Level. Terus ketiganya bakal ditanam di dekstop maupun notebook. Selain itu, core i5 dan i7 mengadopsi fitur “Intel Turbo Mode Technology” dimana fitur ini akan mematikan core yang tidak dipakai ketika memproses aplikasi yang hanya membutuhkan single thread, ketika memproses aplikasi single thread, processor akan mengoverclock aliran thread data yang berjalan di atasnya sehingga pemrosesan lebih cepat, sedangkan jika memproses aplikasi yang bukan single thread, core tersebut akan hidup kembali.

Berikut deskripsi lebih jelasnya mengenai ketiga produk ini:

Intel Core i7

Core i7 sendiri merupakan processor pertama dengan teknologi “Nehalem”. Nehalem menggunakan platform baru yang betul-betul berbeda dengan generasi sebelumnya. Salah satunya adalah mengintegrasikan chipset MCH langsung di processor, bukan motherboard. Nehalem juga mengganti fungsi FSB menjadi QPI (Quick Path Interconnect) yang lebih revolusioner.

Intel Core i5

Jika Bloomfield adalah codename untuk Core i7 maka Lynnfield adalah codename untuk Core i5. Core i5 adalah seri value dari Core i7 yang akan berjalan di socket baru Intel yaitu socket LGA-1156. Tertarik begitu mendengar kata value ? Tepat ! Core i5 akan dipasarkan dengan harga sekitar US$186.

Kelebihan Core i5 ini adalah ditanamkannya fungsi chipset Northbridge pada inti processor (dikenal dengan nama MCH pada Motherboard). Maka motherboard Core i5 yang akan menggunakan chipset Intel P55 (dikelas mainstream) ini akan terlihat lowong tanpa kehadiran chipset northbridge. Jika Core i7 menggunakan Triple Channel DDR 3, maka di Core i5 hanya menggunakan Dual Channel DDR 3. Penggunaan dayanya juga diturunkan menjadi 95 Watt. Chipset P55 ini mendukung Triple Graphic Cards (3x) dengan 1×16 PCI-E slot dan 2×8 PCI-E slot. Pada Core i5 cache tetap sama, yaitu 8 MB L3 cache.

Intel juga meluncurkan Clarksfield, yaitu Core i5 versi mobile yang ditujukan untuk notebook. Socket yang akan digunakan adalah mPGA-989 dan membutuhkan daya yang terbilang cukup kecil yaitu sebesar 45-55 Watt.

Intel Core i3
Intel Core i3 merupakan varian paling value dibandingkan dua saudaranya yang lain. Processor ini akan mengintegrasikan GPU (Graphics Processing Unit) alias Graphics On-board didalam processornya. Kemampuan grafisnya diklaim sama dengan Intel GMA pada chipset G45. Selain itu Core i3 nantinya menggunakan manufaktur hybrid, inti processor dengan 32nm, sedangkan memory controller/graphics menggunakan 45nm. Code produk Core i3 adalah “Arrandale”.
Berikut Tabel Detail mengenai ketiga produk ini:

53 comments on “Perbedaan Intel Core i3, i5, dan i7
  1. @ikonk : buat motherboard PC ddr 2 si banyak bro macem2nya, harganya dari 600 ke atas. Recommend si merek ASUS ato Foxconn, emang knapa hank nya?
    klo bwt vga maaf bro ane krg bgtu tau, apalgi buat laptop. :D ntar dah cari info dulu.

  2. i7 960 nya ga dimasukin?
    itu kan versi saktinya i7.
    itu i7 yg ditabbel yang standar.

    untuk amd setara phenom II x4.(buat i7 nya. i5, i3 athlon II x4)

    kita tunggu aja i9. versi 6core nya intel buat nandingin phenom II x6. hmm..

    • Maaf blum smpet dimasukin bro, ane malah baru tau skarng ada versi saktinya. hehe.. oke dah, scepatnya diupdate.

      Iya emang Intel vs AMD ga ada abisnya. Tapi keren lah, ngefeknya jadi processor selalu tambah kenceng.

  3. @ikonk : emang vga laptop bisa diganti ya?
    bukannya onboard sama MoBo nya?
    jadi klo mw ganti VGA ya ganti Mobo.

    klo emang bisa ganti pake aja nVidia GTS 360 m.

    MoBo pc paling recomended ASUS n GIGABYTE.
    saran aja. klo ganti Mobo sekalian DDR 3.
    sayang jaman sekarang beli mobo ddr 2. =)
    harga ram nya sama.

    • wah kurang tau kalo itu bro, setau ane core i5 sekitar 6 ke atas apalagi dah ada OSnya, tmen ada yg beli Compaq i5 sekitar 7 itu jg blum ada OS. Bisa lebih mahal kalo i5 pake OS sih. tapi ga tau jg klo skrg dah turun. :)

    • bisa 2 cara, pasang 2 ram masing2 2gb, ato pasang 1 ram 4gb. enaknya si pasang 2 keping biar lebih enak kinerjanya. kalo hrganya sendiri 2gb kira2 harganya 400rb an. Kalo 4gb skitar 1jutaan.

    • bukannya processor apa aj bisa pake lebih dari 1 OS? itu kan tergantung GRUB dari OS terakhir yang diinstal, dia support ga barengan sama yang laennya. Lebih enak klo mw nginstal banyak OS pake virtual Box. Tapi pastiin dulu RAMnya gede. :D CMIIW

    • tergantung motherboardnya support ga dipakein i7.

      buat lebih ngeyakinin bawa aj lgsung ke tokonya, jgn pasang sndiri,

      resikonya gede kalo ada salah2. bisa2 rusak semua :)

      2010/11/29, Disqus <>:

        • eh kalo ga salah i5 itu pake socket 1156 sedangkan i7 pake socket 1336. Jadi kemungkinan ga bisa. CMIIW..
          emg knapa gitu mas mw upgrade? kalo emang butuh buat gaming, video editing, ato aplikasi2 yg berat mending bli pc baru aja yg i7. buat laptop, i5 aj dah cukup ko. hehe :D

        • tergantung motherboardnya support ga dipakein i7.

          buat lebih ngeyakinin bawa aj lgsung ke tokonya, jgn pasang sndiri,

          resikonya gede kalo ada salah2. bisa2 rusak semua :)

          2010/11/29, Disqus <>:

        • kalo ga salah socket processor di motherboard buat i5 sama i7 beda, i5

          pake 1156, kalo i7 1336. Jadi kemungkinan ga bisa. CMIIW

          emngnya knapa diupgrade mas? kalo emang buat gaming ato jalanin

          aplikasi yg berat2 saya saranin pake PC aja mas. Lebih enak. Ksian

          juga klo laptop. :D

          2010/11/29, Disqus <>:

          • thanks mas atas infonya..???
            mksud nya biar sklian az k laptop smua kerjaannya…hehhe

            jadi, klo kya gini kan clear dah mas….persiapkn budget az tuk pc…

            makasih ya mas….

          • hehe.. oke oke sama sama. seneng bisa bantu. kalo ada yg mw ditanya lagi

            jangan ragu buat tanya. :D

            Pada 1 Desember 2010 16.53, Disqus <>menulis:

          • gan laptop ane toshiba i3 l645-108u,,,vga on board,,,pertanyaan saya,bisa di pasangin vga lagi ga?

  4. Pingback: tugaspti100008

  5. Pingback: Intel Core i3, i5, dan i7 « IT duniaku

    • ya yang jelas yg paling bagus i7, tapi sekarang masih mahal dan jarang laptop yg pake processor ini. mending yang i5 aja udah cukup bagus buat kebutuhan sehari2, maen game jg bisa (tentunya yg ada vga nya).

  6. jadi yang paling bagus diantara ketiga itu yang mana ?? maaf saya gag terlalu ngerti soal prosesor dan teman temannya , hhe :)

    • yang jelas yang terbaik ya i7, tapi tergantung kebutuhan juga sih, kalo cm buat olah data biasa, i3 aja udah cukup. :)

  7. la trus thun depan juga bisa berkembang lgi ya?soalnya selepas sekolah yg populer dulu core 2 quar ma core 2 duo

    • tahun depan 2012 maksudnya? pastinya berkembang,. sekarang aja udah ada intel 2nd generation, perkembangan seri processor sebelumnya. Nanti saya posting deh mengenai ini. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>