Angka-angka fantastis di balik Facebook

Kemarin (4/2) enam tahun yang lalu, Facebook resmi dirilis oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa asal Harvard University, Amerika Serikat. Anda yang selama ini menjadi pelanggan setia Facebook, kami berikan beberapa fakta dan informasi seputar situs ‘buku muka’ ini.

Web yang awalnya bernama The Facebook digunakan secara terbatas bagi mahasiswa Harvard University, lalu berkembang ke wilayah Boston, Stanford University hingga ke Ivy League. Selanjutnya, situs ini membuka keanggotaan untuk mahasiswa dan siswa sekolah menengah dan untuk kalangan umum yang berusia di atas 13 tahun.

Mark membuat laman Facebook dengan tujuan agar dapat menghubungkan orang-orang yang memiliki kesamaan minat, hobi, kota, kantor, sekolah, dan sebagainya. Hal ini dilakukan oleh sejumlah perguruan tinggi di Amerika Serikat kepada siswa atau staf baru mereka sebagai cara untuk memperkenalkan orang-orang yang ada di lingkungan kampus.

Semakin lama, Facebook semakin digemari oleh masyarakat karena memiliki fitur yang bermacam-macam. Web ini pun akhirnya menggilas habis Friendster, sebuah situs jejaring sosial yang terlebih dahulu berdiri dan menjadi situs paling populer saat itu. Malah sekarang tampilan dan fitur Friendster mengikuti ‘penyerobot mereka itu, dengan menambah fasilitas games, group, Fans Page, dan bisa saling komentar status.

Kini, Facebook sudah mengklaim memiliki 350 juta pengguna aktif dengan 50 persen pengguna mereka login ke Facebook setiap harinya. Artinya, ada sekitar 175 pengguna dalam 24 jam sekali. Selain itu, ada 620 juta grup yang tersedia, padahal saat Oktober lalu Google baru menyatakan adanya 52 juta grup.

Bila dirata-rata, setiap pengguna memiliki 130 teman di Facebook. Adapun 8 permintaan pertemanan muncul per bulannya. Setiap Facebooker sendiri menghabiskan lebih dari 55 menit per hari di situs bikinan Zuckerberg tersebut. Bicara grup, bicara pula tentang Fans Page yang saat ini sudah mencapai 3 juta Facebook Pages. Semuanya, menurut Google, berada pada 1,96 miliar halaman milik situs ini.

Beralih ke penggunanya, atau lebih akrab disebut Facebookers. Menurut data dari econsultancy.com, lebih dari 35 juta pengguna Facebook mengupdate statusnya setiap harinya. Foto yang terunggah di Facebook juga telah meningkat 100%, sekitar 2,5 milyar foto diunggah membernya setiap bulan. Rata-rata, setiap penggunanya memiliki 130 teman.

Anggota yang terlanjur kecanduan Facebook, tidak kehabisan akal dengan terus meng-update akunnya lewat ponsel. Tercatat lebih dari 65 juta pengguna yang mengakses situs ini lewat mobile devices. Artinya, mereka yang mengakses facebook via HP akan 50% lebih aktif dari mereka yang tidak menggunakannya. Itulah mengapa Facebook sudah diterjemahkan dengan lebih dari 70 bahasa.

Maraknya Facebook, membuat 3,5 milyar konten (baik tautan, berita, artikel blog) disebar tiap minggunya. Selain itu, lebih dari 80.000 website mengimplementasikan Facebook Connect sejak Desember 2008 dan lebih dari 60 juta pengguna facebook menggunakan akunnya untuk situs tersebut setiap bulannya.

sumber : teknopreneur.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *