Apa itu URL Shortening?

Pernah melihat situs web seperti ini:

url tersebut begitu pendek, sebenarnya memang digunakan untuk memperpendek alamat url atau disebut juga url shortening.

Url Shortening kini makin banyak dijumpai di dunia maya, apalagi di situs jejaring sosial seperti twitter, twitter merupakan jejaring sosial yang mengizinkan penggunanya berbagi status terkini dengan jumlah panjang maksimum 140 karakter. Jika kita ingin memberitahu teman kita sebuah alamat web yang menarik, namun panjangnya lebih dari 140 karakter bagaimana caranya? Nah di sinilah kegunaan URL shortening. Url Shortening adalah layanan untuk memperpendek url kita, misal url untuk halaman ini adalah http://www.erainformatika.com/?p=162 setelah diperpendek menjadi http://bit.ly/cbAEuV . Untuk memperpendek url tersebut caranya adalah kita tinggal masuk misal ke layanan bit.ly http://bit.ly kemudian masukkan url yang akan kita perpendek, setelah klik tombol shorten kita akan mendapatkan short url tersebut.

Lalu bagaimana caranya Algoritma URL tersebut bekerja hingga bisa memperpendek URL?

Sebuah layanan memperpendek URL mengambil URL besar dan menyimpannya ke dalam database bersama dengan otomatis menambah nilai numerik, sebuah id atau urutan, jadi kita akan memiliki URL besar pertama disimpan dengan ID = 1, yang kedua dengan ID = 2 dan seterusnya . Ketika seseorang akan meminta http://tinyurl.com/1/ kita akan mendapatkan dari database URL besar diidentifikasi oleh 1 = ID dan mengarahkan pengguna ke URL.
Tapi ada masalah: memiliki id numerik tidak terlalu banyak mempersingkat url. Untuk nomor URL 1.000.000 maka akan ada 7 karakter numerik. Jadi, langkah berikutnya adalah mengubah nomor basis dari 10 sampai yang lebih besar, katakanlah 36, jadi akan terdapat semua huruf latin kecil atau az, atau juga bisa dengan basis 62 yang termasuk juga karakter kapital AZ.
Dalam basis 36 kita dapat menyimpan sebanyak 1.679.615 URL menjadi 4 karakter. Pada basis 62 dapat menampung 14.776.335 URL, hampir 10 kali lipat dari base 32 dan 14,776 kali dari base10.

You may also like...

2 Responses

  1. purwanto says:

    informasi yang menarik.. jadi semacam database besar yang membuat link terhadap url-url yang dipendekkan. adakah efek negatifnya ??
    Salam kenal dan salam persahabatan

    • fahmi_rnf says:

      Salam kenal dan salam persahabatan juga. 😀
      Terima kasih, setahu saya belum ada efek negatif dari url shortening ini. Tapi kalo boleh ngira2 sih, efek negatifnya kalo disalah gunakan seseorang buat nipu orang lain buat ngunjungin situs tertentu yang berbahaya. Pertama kali liat, si korban ga bakal tahu itu situs apa karena adanya URL shortening, jadi yg kebaca cuma bit.ly/blablabla terus si korban percaya aja buat ngunjungin situs itu dan akhirnya kena jebakan si orang jail tadi. Buat ngantisipasinya ya waspada aja ya! 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *