Google Orkut – Social Networking yang dilupakan

Anda tahu google Orkut? Google Orkut merupakan situs jejaring sosial (social Networking) buatan om Google. Orkut sudah ada sejak tahun 2004, namun keberadaannya tidak diketahui atau tidak se populer friendster, twitter, atau facebook. Hingga kini pun statusnya masih Beta.

Pada awal keberadaannya projek ini belum memiliki nama untuk produknya. Nama Orkut sendiri berasal dari salah satu karyawan di Google yang membuat Orkut yaitu Orkut Büyükkökten. Pada tahun 2004 traffic tertinggi yang mengkases Orkut yaitu dari Amerika Serikat, namun kini orang-orang di US meninggalkannya dan beralih ke Facebook atau MySpace. Sedangkan di India dan Brazil Orkut memiliki traffic yang tinggi. Server dan kantor untuk Orkut sendiri dipindahkan ke Brazil agar bisa lebih cepat diakses di sana.

Berikut screenshotnya:

Halaman Home

Profile

Sampai saat ini status dari google Orkut ini masih beta, entah kenapa alasannya, mungkin dikarenakan sedikitnya member, kemudian projek ini tidak diurus / diteruskan, atau mungkin juga keterbatasan dana namun hal ini tidak mungkin, karena Google itu kaya. Keterbatasan dana maksudnya dana dialokasikan untuk proyek lain yang lebih menghasilkan seperti Android, Chrome, GoogleMaps, dsb.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *