Google Tertarik Jadi Operator Telekomunikasi

Cetakan-cetakan batik cap aneka pola menghiasi logo Google di kantornya di Indonesia

Google dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk menjadi operator jaringan mobile virtual (mobile virtual network operator/MVNO) agar dapat menjalankan jaringan nirkabel sendiri.

Seorang sumber mengatakan kepada The Information, Kamis (3/4/2014), bahwa para petinggi Google telah membahas rencana untuk menawarkan layanan nirkabel di daerah yang sudah terpasang Google Fiber, sebuah layanan berbasis teknologi serat optik yang menawarkan akses internet kecepatan tinggi dan siaran televisi di Amerika Serikat.

Jaringan Google Fiber telah dibangun di Kansas City, Missouri, dan di Provo, Utah. Perusahaan juga berencana membangun di Austin, Texas, dalam waktu dekat. Google telah memilih 34 kota lain yang bakal dibangun jaringan fibernya untuk ekspansi masa depan.

Dengan menjadi MVNO, Google akan membeli akses dari operator jaringan mobile (mobile network operator/MNO) yang lebih besar dan menjual layanan dengan harga grosir kepada pelanggannya.

Spekulasi yang beredar mengatakan, jaringan nirkabel Google akan tergantung pada titik akses Wi-Fi yang dibangun di atas jaringan Google Fiber.

Google sudah membicarakan kemungkinan ini kepada perusahaan telekomunikasi Verizon pada awal 2014, dan juga berbicara dengan Sprint pada awal 2013.

Akan tetapi, langkah ini sebenarnya akan memperumit hubungan Google dengan operator telekomunikasi besar di AS karena keduanya akan bersaing langsung menawarkan jaringan nirkabel. Hal ini terlihat dari reaksi operator telekomunikasi AT&T yang dengan segera memasang jaringan serat optik kecepatan tinggi di Austin pada akhir 2013, beberapa saat setelah Google mengumumkan bakal membangun Google Fiber di kawasan itu.

sumber: http://tekno.kompas.com/read/2014/04/04/0958008/Google.Tertarik.Jadi.Operator.Telekomunikasi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *