Konversi bilangan Desimal ke Biner dan Sebaliknya

  • Konversi bilangan desimal ke biner

6710 = …. 2

67 : 2 -> 1 (akhir)

33 : 2 -> 1

16 : 2 -> 0

8 : 2 -> 0

4 : 2 -> 0

2 : 2 -> 0

1 (awal)

Penjelasan :

Di sini kita akan mengonversi angka 67 dari bilangan desimal ke biner, caranya adalah kita membagi bilangan tersebut dengan 2 kemudian dituliskan sisanya di sebelah kanan, sedangkan hasil pembagian ditulis di bawahnya. Bagi terus bilangan tersebut sampai berakhir di angka 1. Setelah selesai, kita menuliskan hasil konversi dari bawah ke atas. Untuk bilangan di atas jadi hasil konversinya : 6710 = 10000112

Contoh lain : 4610 = …. 2

46 : 2 -> 0 (akhir)

23 : 2 -> 1

11 : 2 -> 1

5 : 2 -> 1

2 : 2 -> 0

1 (awal)

Dengan menuliskan sisa dari setiap pembagian dari bawah ke atas maka hasilnya :

4610 = 1011102

Lalu bagaimana cara konversi bilangan desimal koma / pecahan ke biner? Caranya adalah sbb:

Desimal koma / pecahan ke biner 

0,84375(10) = 0,11011(2)

0,84375×2  = 1,6875 => 1(awal)

0.6875×2    = 1,375   => 1

0.375×2      = 0,75     => 0

0,75×2        = 1,5       => 1

0,5×2          = 1,0       => 1(akhir)

Jadi kalo untuk bilangan di belakang koma kita ambil hasilnya berdasarkan nilai dari atas ke bawah, sedangkan kalo di depan koma dari bawah ke atas
  • Konversi bilangan biner ke desimal

1011102 = …. 10

(1 x 25) + (0 x 24) + (1 x 23) + (1 x 22) + (1 x 21) + (0 x 20) = 32 + 0 + 8 + 4 + 2 + 0 = 46

Jadi  1011102 = 4610

Penjelasan :

Jumlahkan setiap angka di bilangan biner setelah dikalikan dengan 2n-1 , n adalah banyaknya angka di bilangan biner. Misal untuk bilangan di atas 1011102 terdapat 6 buah angka 1, 0, 1, 1, 1, 0. Jadi untuk merubah ke bilangan desimal kita perlu mengalikannya dengan 2n-1.

 

sumber untuk konversi bilangan desimal pecahan: http://azrianasari867.blogspot.com/2012/11/konversi-pecahan-bilangan_2.html

You may also like...

51 Responses

  1. andiaan says:

    sekarang aku jadi tahu tentang konversi bilangan

  2. Aiden says:

    lah perasaan bilangan biner (binary) cmn ada 2 yaitu 1 dan 0. ?? CMIIW lalu knp bisa 101102???

    • fahmi_rnf says:

      bener sekali bang cuma ada 101010 ga ada 2, 2 itu maksudnya basis 2. Kemaren pas ngepost cuma kopas dari word. jadi tampilannya kyk gitu. nyambung sm angkanya. maaf klo bkn bngung. hehe

  3. Denychlen says:

    berarti awalannya selalu 1 y gan??

  4. MORENO says:

    bingung

  5. zakaria says:

    Gan kalau misalnya angka desimalnya 0,84375 diubah ke biner gimana?
    Bales ke emailku yaa..makasih..:)

  6. Ariando says:

    Ka, klo misalnya bilangan desimalnya segede ini ka 352,850,7563 dikonversi ke oktal gimana caranya ka ? mohon bantuannya saya anak baru di IF

  7. ano177 says:

    mas., bilangan biner 4597 itu gmana bagimana konversinya ke biner.,kirim ke-mail sy yah.,

  8. fadel says:

    gak ngertinih caranya

  9. Rico says:

    siipp bro

  10. isyrin says:

    kalau angka 1, di ubah ke angka biner bisa nggak ?
    kalau bisa. carax gmna ????
    mohon bantuannya

  11. jadi gimana kalo misalnya angka dsimal ke biner?
    itu gampang aja kan tidak sulit untuk memahami nya

    terimakasih atas informasi yang telah diberikan
    semoga bermanfaat

    • fahmi_rnf says:

      iya sist, gampang ko seperti yang telah dijelaskan di atas 🙂
      Desimal koma / pecahan ke biner

      0,84375(10) = 0,11011(2)

      0,84375×2 = 1,6875 => 1(awal)

      0.6875×2 = 1,375 => 1

      0.375×2 = 0,75 => 0

      0,75×2 = 1,5 => 1

      0,5×2 = 1,0 => 1(akhir)

      klo ada yg krg ngerti let me know ya

  12. azima says:

    pecahan ke biner
    0,75×2 = 1,5 => 1

    0,5×2 = 1,0 => 1(akhir)

    kok jadi 0,5?? ga 1.5??

    • fahmi_rnf says:

      Desimal koma / pecahan ke biner

      0,84375(10) = 0,11011(2)

      0,84375×2 = 1,6875 => 1(awal)

      0.6875×2 = 1,375 => 1

      0.375×2 = 0,75 => 0

      0,75×2 = 1,5 => 1

      0,5×2 = 1,0 => 1(akhir)

      jadi kita ambil angka yang setelah koma aja sist buat dibawa ke bawah, 1,375 yang diambil 0,375, 0,75 diambilm 0,75 jg karena sebelum koma tidak ada angka apapun 🙂

  13. Richard Wicaksana says:

    cara ubah dari desimal jadi berkoma gak ada sedih deh aku

  14. tau_fik says:

    kalok 10110.111(2) = . . . (10) gimana caranya ?

  15. Reky says:

    om yg biner ke desimal
    yang 32 nya darimana ??? :/

  16. kandra yusuf says:

    itu dapat angka 0 dan 1 gimana ? 32:2=1 mksdnya apa

  17. Ganis Sangga says:

    Nah kalau ini dg cara itu bsa nggk mas? Saya coba kog nggk ketemu2

    0,861

  18. NANA RINA says:

    kalo binernya 1001.1001(2) mau dikonversikan ke desimal gimana ya? thanks 😀

  19. Makasih gan jadi tercerahkan setelah membaca postingannya..

  20. Mel says:

    Makasih pencerahan nya

  21. Irsyad Hibatullah says:

    Gan.. mau nnya, bukannya 2 pangkat nol itu 1 ??? kok hasil nya 46?? ini contoh nya
    1011102 = …. 10

    (1 x 25) + (0 x 24) + (1 x 23) + (1 x 22) + (1 x 21) + (0 x 20) = 32 + 0 + 8 + 4 + 2 + 0 = 46

    Hasil yang sebenernya 47

  22. darma says:

    thanks 🙂

  23. Hero says:

    Emang kalo tau gunanya apa?? 😀
    Gunanya biner buat apa ya ?

  24. shidik says:

    Kalo bilangan desimal 0,953 di ubah jadi bilangan biner gimana caranya ?

  25. Joneska says:

    Sangat bermanfaat,, sukses terus ya .

  26. mahfud says:

    mas tlg donk konversiin ini
    2815-011

  27. sagari says:

    gan itu selalu dibagi 2 ya ?

  28. Arimbi Rachmi Fiaditama says:

    cara menggabungkan data MSB dan LSB 8 bit ke 16 bit ada yang tau ga? tolong dong. thanks.

  1. October 17, 2013

    […] untuk menyelesaikan soal ini. Jika Anda belum mengetahui tentang sistem bilangan biner, silahkan klik disini untuk membaca artikel tentang bilangan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *