Migrasi domain dan hosting

Beberapa waktu lalu ada teman saya yang meminta untuk merapihkan webnya yang beralamat di akses-stan.com , web tersebut sudah berumur hampir satu tahun, namun ada cukup banyak hal yang perlu diperbaiki khususnya dari segi tampilan dan performa.

relocate home

3 Minggu untuk urusan tampilan sudah kelar, tinggal testing di beberapa browser baik itu desktop maupun mobile karena target user adalah calon mahasiswa yang notabene banyak mengakses internet tidak hanya dari desktop tetapi juga dari mobile/smartphone.

Beberapa hari kemudian ketika hendak optimasi SEO web tersebut malah tidak dapat diakses – 500 Internal Server Error, saya cek error ini berasal dari server penyedia jasa hostingan, ketika dicek homepage nya pun ada keterangan sedang dalam masa maintenance – dari awal saya menerima project ini home page hoster tersebut selalu dalam masa maintenance tanpa ada kejelasan sampai kapan, akhirnya setelah berdiskusi dengan client diputuskan untuk melakukan migrasi ke server hosting yang sama dengan web ini karena sejauh ini saya tidak mengalami masalah.

Migrasi pun dimulai dengan memesan paket yang ada di Neohoster, setelah chat dengan CS nya, mereka meminta epp code – saya baru tahu kalau ada code yang diperlukan untuk migrasi domain, epp code itu sendiri adalah code di unix yang berguna untuk proses migrasi domain.

Akhirnya kami menghubungi pihak hosting sebelumnya untuk meminta epp code tersebut, satu hari kemudian epp code diberikan dan saya langsung apply untuk migrasi domain, kemudian ada email masuk untuk meminta konfirmasi bahwa domain akan dipindah ke server lain, proses ini cukup memakan waktu, 5 hari – entah kenapa perlu memakan waktu selama ini.

Setelah ditunggu 5 hari, berharap domain sudah pindah, namun ketika dicek di who.is domain masih di tempat lama, lalu cek email dan ada pemberitahuan bahwa transfer domain gagal dikarenakan domain di tempat lama di LOCK – transfer prohibited.

Wah, cukup kaget juga – saya kira hanya perlu epp code namun perlu juga untuk meminta unlock domain dari tempat lama. Syukurnya ketika saya kontak pihak hosting sebelumnya langsung di unlock hari itu juga, dan saya kembali apply untuk migrasi domain.

Dalam jadwal, migrasi tersebut akan diproses hari ini tanggal 2 January 2014, semoga tidak ada problem lagi 🙂

Jadi poin utamanya untuk migrasi domain dan hosting perlu epp code dan domain tesebut sudah di-unlock. Untuk mengetahui status domain bisa dilihat di who.is.

untuk migrasi hosting hanya perlu pemindahan data saja – bisa dilakukan sendiri atau meminta bantuan pihak hosting yang baru dengan memberi akun cpanel dari tempat hosting yang lama.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *