Panduan Instalasi JDK (Java Development Kit)

javaUntuk dapat menggunakan Java di komputer kita, minimal kita perlu menginstal 2 buah software, yaitu:

  1. Java 2 SDK / JDK, software ini merupakan inti dari Java yang berisi runtime-runtime dan development kit Java, sehingga komputer akan mengenali kode yang kita buat itu dalam bahasa Java.
  2. Teks Editor, teks editor digunakan untuk menulis kode program yang akan kita buat. Teks editor bisa apa saja, seperti notepad, notepad++, dll, asalkan file disimpan dalam ekstensi .java. Untuk mempermudah kini terdapat IDE (Integrated Development Environtment). Melalui IDE kita dapat menuliskan program kemudian langsung mengompile dan menjalankannya.

Untuk menginstal JDK cukup mudah, yaitu dengan cara:

  1. Download JDK dari situs Java, yang terbaru JDK 1.6. kemudian klik 2 kali file tersebut untuk menginstal. Kemudian klik Accept.
  2. Setelah itu klik Next pada pilihan paket instalasi.
  3. Kemudian akan ada jendela untuk menginstal JRE, klik Next untuk menginstal JRE.
  4. Instalasi selesai.

Sekarang kita perlu melakukan setting path agar kita dapat mengompile kode java yang kita buat melalui teks editor. Sebelum setting path jika anda membuka command prompt dan mengetikkan javac maka akan tampil sebuah pesan bahwa compiler java tidak dikenali. Untuk itu diperlukan setting path. Namun demikian, jika anda menggunakan IDE seperti Jcreator ataupun NetBeans, hal ini tidak perlu dilakukan.

Untuk setting path dapat dilakukan dengan cara berikut (Windows 7):

  1. Klik Start – Control Panel – System atau Klik start – klik kanan Computer – Properties
  2. Kemudian klik Advanced System Setting di sidebar sebelah kiri.
  3. Jendela System Properties muncul kemudian klik Environtment Variables.
  4. Pastikan variables path pada user telah diseleksi kemudian klik edit.
  5. Pada Variable value tambahkan path berikut (sesuai dengan direktori instal JDK anda) misal: C:Program FilesJavajdk1.6.0_02bin jika sebelumnya sudah ada path untuk bahasa pemrograman lain misal C atau Pascal, maka pisahkan dengan tanda (;).
  6. Kemudian klik OK.

Sekarang kita coba dengan mengetikkan javac pada command prompt, jika pesan kesalahan tidak muncul lagi maka anda berhasil melakukan setting path.

Jika telah berhasil sekarang kita coba untuk membuat sebuah program menggunakan java melalui notepad.

Ketikkan kode berikut:

public class Pertamax {

public static void main (String[] args) {

System.out.println (“Akhirnya mantra ane berhasil, Ane berhasil nginstal Java n berhasil bikin program Pertamax! haha… :ngakak”);

}

}

Simpan file tersebut sesuai dengan nama classnya (huruf besar kecil diperhatikan / case sensitive) untuk program di atas simpan dengan nama Pertamax.java, simpan di folder yang anda inginkan, misal D:myJava.

Buka command prompt, ketikkan D: kemudian ketikkan cd myJava untuk menuju dirtektori tersebut. Kemudian ketikkan javac Pertamax.java untuk mengcompilenya. Setelah berhasil ketikkan java Pertamax. Lihat apa yang muncul dari program yang baru saja dibuat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *