Pemrograman adalah …

:cendol Untuk mahasiswa Informatika kita ga bakal jauh2 dari yang namanya pemrograman, buat yang belum tau apa itu pemrograman, monggo disimak dulu.

Pemrograman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Langsung ke: navigasi, cari

Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau ‘pekerjaan’ sesuai dengan keinginan si pemrogram. Untuk dapat melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan di banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.

Pemrograman adalah sebuah seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan dengan menggunakan sebuah bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi sebuah program komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman.

Apakah memprogram perangkat lunak lebih merupakan seni, ilmu, atau teknik telah lama diperdebatkan. Pemrogram yang baik biasanya mengkombinasikan tiga hal tersebut, agar dapat menciptakan program yang efisien, baik dari sisi waktu berjalan (running time), atau memori.

[sunting] Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya-gaya pemrograman yang berbeda (paradigma pemrograman. Pilihan bahasa pemrograman dipengaruhi oleh banyak alasan, seperti kecocokan dengan kriteria program yang akan dibuat.

Beberapa bahasa pemrograman adalah :

[sunting] Pemrograman Kompetitif

Pemrograman adalah bahan yang banyak digunakan di berbagai kompetisi komputer di Indonesia maupun dunia. Di tingkat SMA, contohnya, pemrograman dipertandingkan dalam Olimpiade Sains Nasional setiap tahunnya. Ketigapuluh peraih medali di Olimpiade Sains Nasional ini kemudian menjadi Tim Olimpiade Komputer Indonesia, dan menempuh Pelatihan Nasional yang menyeleksi empat orang wakil untuk mengikuti Olimpiade Sains Internasional bidang Informasi (International Olympiad in Informatics) yang diadakan setiap tahunnya.

[sunting] Lihat pula

Synaptic.png Artikel bertopik perangkat lunak ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.
 * 1 Overview
   * 2 Sejarah pemrograman
   * 3 Modern pemrograman
         o 3,1 persyaratan Kualitas
         o kompleksitas algoritmik 3,2
         3,3 o Metodologi
         3,4 o Mengukur pemakaian bahasa
         3,5 o Debugging
   * 4 Bahasa pemrograman
   * 5 Programmers
   * 6 Lihat juga
   * 7 Referensi
   * 8 Bacaan lebih lanjut
   * 9 Pranala luar

[sunting] Sekilas Cari Wikiversity Wikiversity memiliki bahan belajar tentang pemrograman

Dalam rekayasa perangkat lunak, pemrograman (pelaksanaan) dianggap sebagai salah satu tahap dalam proses pengembangan perangkat lunak.

Ada sebuah perdebatan yang sedang berlangsung pada sejauh mana program penulisan adalah seni, kerajinan atau disiplin teknik. [1] Secara umum, baik programming adalah dianggap sebagai aplikasi diukur dari ketiga, dengan tujuan menghasilkan efisien dan solusi perangkat lunak evolvable (kriteria untuk “efisien” dan “evolvable” sangat bervariasi). Disiplin yang berbeda dari berbagai profesi teknis dalam programer, pada umumnya, tidak perlu izin atau lulus standar (atau governmentally diatur) tes sertifikasi untuk menyebut diri mereka “programer” atau bahkan “insinyur perangkat lunak.” Namun, mewakili diri sendiri sebagai seorang “Professional Software Engineer” tanpa lisensi dari lembaga yang terakreditasi ilegal di banyak bagian dunia. [Rujukan?]

Lain sedang berlangsung perdebatan adalah sejauh mana bahasa pemrograman yang digunakan dalam menulis program komputer yang mempengaruhi bentuk program akhir diperlukan. Perdebatan ini analog dengan mengelilingi hipotesis Sapir-Whorf [2] dalam linguistik, yang mendalilkan bahwa suatu bahasa tertentu sifat mempengaruhi pikiran kebiasaan dari speaker. Pola bahasa yang berbeda menghasilkan pola pikir yang berbeda. Ide ini menantang kemungkinan mewakili dunia secara sempurna dengan bahasa, karena mengakui bahwa mekanisme bahasa apapun kondisi pikiran pembicara dari masyarakat.

Kata lain, pemrograman adalah kerajinan persyaratan mengubah menjadi sesuatu yang dapat mengeksekusi sebuah komputer. [sunting] Sejarah pemrograman Lihat juga: Sejarah bahasa pemrograman Wired plug board untuk IBM 402 Accounting Machine.

Konsep perangkat yang beroperasi setelah telah ditetapkan, set instruksi ditelusuri ke Mitologi Yunani, terutama Hephaestus dan pelayan mekanis [3]. Para mekanisme Antikythera kalkulator menggunakan persneling dari berbagai ukuran dan konfigurasi untuk menentukan operasi. Dikenal paling awal dapat diprogram mesin (mesin yang perilakunya dapat dikendalikan dan diprediksi dengan satu set instruksi) adalah Al-Jazari’s programmable Automata pada 1206. [4] Salah seorang Al-Jazari’s robot ini awalnya sebuah perahu otomatis dengan empat musisi yang mengambang di danau untuk menghibur para tamu di pesta minum kerajaan. Pemrograman perilaku mekanisme ini berarti menempatkan pasak dan Cams ke drum kayu di lokasi tertentu. Ini kemudian akan bertabrakan dengan pengungkit kecil yang beroperasi alat musik perkusi. Keluaran dari perangkat ini adalah drumer kecil bermain berbagai ritme dan pola drum. [5] [6] canggih lainnya mesin diprogram oleh Al-Jazari adalah benteng jam, terkenal karena konsep variabel, yang operator bisa memanipulasi yang diperlukan ( yaitu, panjang siang dan malam). The Jacquard Loom, Joseph Marie Jacquard yang dikembangkan pada tahun 1801, menggunakan serangkaian kartu karton dengan menekan lubang di dalamnya. Pola lubang pola yang mewakili alat tenun harus mengikuti menenun kain. Alat tenun bisa menghasilkan tenun yang sama sekali berbeda dengan menggunakan kumpulan kartu yang berbeda. Charles Babbage mengadopsi penggunaan kartu menekan sekitar tahun 1830 untuk mengendalikan Analytical Engine. Sintesis perhitungan numerik, operasi dan output telah ditentukan, bersama dengan cara untuk mengatur dan masukan petunjuk dalam cara yang relatif mudah bagi manusia untuk hamil dan menghasilkan, menyebabkan perkembangan modern pemrograman komputer. Pengembangan pemrograman komputer dipercepat melalui Revolusi Industri.

Pada akhir 1880-an, Herman Hollerith menciptakan rekaman data pada media yang kemudian dapat dibaca oleh mesin. Sebelum menggunakan mesin yang dapat dibaca dari media, di atas, telah untuk kontrol, bukan data. “Setelah beberapa percobaan awal dengan kertas pita, ia menetap di kartu menekan …”[ 7] Untuk memproses kartu menekan ini, pertama dikenal sebagai” kartu Hollerith “dia menciptakan mesin tabulasi, dan kunci mesin punch. Ketiga penemuannya dasar dari industri pengolahan informasi modern. Pada tahun 1896 ia mendirikan Tabulating Machine Company (yang kemudian menjadi inti dari IBM). Penambahan panel kontrol ke Tipe I Tabulator 1906 memungkinkannya untuk melakukan pekerjaan yang berbeda tanpa harus secara fisik dibangun kembali. Pada akhir 1940-an, ada berbagai plug-board programmable mesin, yang disebut catatan unit peralatan, untuk melakukan tugas-tugas pengolahan data (kartu membaca). Pemrogram komputer awal plug-papan yang digunakan untuk berbagai perhitungan kompleks diminta dari mesin yang baru diciptakan. Data dan instruksi dapat disimpan pada kartu punch eksternal, yang disimpan dalam rangka program dan disusun dalam deck.

Penemuan arsitektur Von Neumann memungkinkan program komputer untuk disimpan dalam memori komputer. Program awal harus susah payah dibuat dengan menggunakan instruksi mesin tertentu, sering kali dalam notasi biner. Setiap model komputer mungkin akan memerlukan berbagai instruksi untuk melakukan tugas yang sama. Bahasa assembly kemudian dikembangkan yang memungkinkan programmer menentukan setiap instruksi dalam format teks, singkatan memasukkan kode untuk setiap operasi, bukan menetapkan sebuah nomor dan alamat dalam bentuk simbolik (misalnya, ADD X, TOTAL). Pada tahun 1954 ditemukan Fortran, menjadi yang pertama bahasa pemrograman tingkat tinggi yang memiliki implementasi fungsional. [8] [9] Hal diperbolehkan pemrogram untuk menentukan perhitungan dengan memasukkan formula secara langsung (misalnya Y = X * 2 + 5 * X + 9) . Program teks, atau sumber, diubah menjadi instruksi mesin menggunakan program khusus yang disebut kompilator. Banyak bahasa lainnya dikembangkan, termasuk beberapa program untuk komersial, seperti COBOL. Program itu sebagian besar masih masuk menggunakan kartu atau kertas punch tape. (Lihat pemrograman komputer di era kartu punch). Pada akhir 1960-an, perangkat penyimpanan data dan terminal komputer menjadi cukup murah sehingga program dapat dibuat dengan mengetikkan langsung ke dalam komputer. Editor teks dikembangkan yang memungkinkan perubahan dan perbaikan harus dilakukan jauh lebih mudah dibandingkan dengan punch card.

Ketika waktu telah berkembang, komputer telah membuat lompatan raksasa di bidang pengolahan kekuasaan. Ini telah membawa bahasa pemrograman baru yang lebih disarikan dari hardware yang mendasarinya. Walaupun bahasa tingkat tinggi biasanya dikenakan biaya overhead yang lebih besar, peningkatan kecepatan komputer modern telah membuat penggunaan bahasa-bahasa ini jauh lebih praktis daripada di masa lalu. Ini semakin disarikan bahasa biasanya lebih mudah untuk belajar dan memungkinkan para programmer untuk mengembangkan aplikasi jauh lebih efisien dan dengan lebih sedikit kode. Namun, bahasa tingkat tinggi masih praktis untuk beberapa program, seperti yang di mana tingkat rendah diperlukan pengendalian perangkat keras atau di mana kecepatan pemrosesan berada pada premi.

Sepanjang paruh kedua abad kedua puluh, pemrograman adalah karier yang menarik di sebagian besar negara-negara maju. Beberapa bentuk pemrograman telah lepas pantai semakin tunduk pada outsourcing (impor perangkat lunak dan jasa dari negara-negara lain, biasanya pada upah yang lebih rendah), membuat keputusan karir pemrograman di negara maju lebih rumit, sementara meningkatkan peluang ekonomi di daerah-daerah kurang berkembang. Tidak jelas sejauh mana tren ini akan berlanjut dan seberapa dalam dampak akan programmer upah dan kesempatan. [sunting] Modern pemrograman [sunting] Kualitas persyaratan

Apapun pendekatan pengembangan perangkat lunak mungkin, program akhir harus memenuhi beberapa sifat mendasar. Properti berikut adalah di antara yang paling relevan:

   * Efisiensi / kinerja: jumlah sumber daya sistem program yang mengkonsumsi (prosesor waktu, ruang memori, perangkat lambat seperti disk, bandwidth jaringan dan bahkan sampai batas tertentu interaksi dari pemakai): semakin sedikit, semakin baik. Ini juga termasuk pembuangan benar beberapa sumber, seperti membersihkan file-file sementara dan tidak adanya kebocoran memori.
   * Reliabilitas: seberapa sering hasil dari sebuah program sudah benar. Hal ini tergantung pada kebenaran konseptual algoritma, dan pemrograman minimisasi kesalahan, seperti kesalahan dalam manajemen sumber daya (misalnya, buffer overflows dan ras kondisi) dan kesalahan logika (seperti pembagian dengan nol).
   * Kekokohan: seberapa baik program masalah mengantisipasi bukan karena kesalahan programmer. Ini termasuk situasi seperti salah, tidak pantas atau merusak data, tidak tersedianya sumber daya yang dibutuhkan seperti memori, sistem operasi layanan dan koneksi jaringan, dan kesalahan pengguna.
   * Kegunaan: yang ergonomi sebuah program: kemudahan dengan mana seseorang dapat menggunakan program untuk tujuan, atau dalam beberapa kasus bahkan tujuan tak terduga. Isu-isu tersebut dapat membuat atau menghancurkan kesuksesan bahkan tanpa masalah lain. Hal ini melibatkan berbagai tekstual, grafis dan kadang-kadang elemen-elemen perangkat keras yang meningkatkan kejelasan, intuitif, kekompakan dan kelengkapan program antarmuka pengguna.
   * Portabilitas: kisaran perangkat keras komputer dan platform sistem operasi yang kode sumber dari program dapat dikompilasi / ditafsirkan dan lari. Hal ini tergantung pada perbedaan-perbedaan dalam fasilitas pemrograman yang disediakan oleh platform yang berbeda, termasuk hardware dan sistem operasi sumber daya, perilaku yang diharapkan dari hardware dan sistem operasi, dan ketersediaan platform compiler tertentu (dan kadang-kadang perpustakaan) untuk bahasa dari source code.
   * Kemampu-rawatan: kemudahan dengan sebuah program yang dapat dimodifikasi oleh pengembang sekarang atau di masa mendatang dalam rangka untuk membuat perbaikan atau penyesuaian, memperbaiki bug dan lubang keamanan, atau disesuaikan dengan lingkungan baru. Praktek yang baik selama pengembangan awal membuat perbedaan dalam hal ini. Kualitas ini mungkin tidak secara langsung jelas bagi pengguna akhir tetapi dapat secara signifikan mempengaruhi nasib sebuah program jangka panjang.

[sunting] algorithmic kompleksitas

Bidang akademik dan praktek teknik pemrograman komputer yang baik terutama berkaitan dengan menemukan dan menerapkan algoritma yang paling efisien untuk suatu masalah kelas. Untuk tujuan ini, algoritma diklasifikasikan menjadi perintah dengan menggunakan apa yang disebut notasi Big O, O (n), yang mengungkapkan penggunaan sumber daya, seperti waktu eksekusi atau pemakaian memori, dalam hal ukuran sebuah input. Ahli programmer yang akrab dengan berbagai mapan algoritma dan kompleksitas masing-masing dan menggunakan pengetahuan ini untuk memilih algoritma yang paling cocok dengan keadaan. [sunting] Metodologi

Langkah pertama dalam sebagian besar proyek-proyek pengembangan perangkat lunak formal adalah analisis persyaratan, diikuti dengan pengujian untuk menentukan model nilai, pelaksanaan, dan kegagalan penghapusan (debug). Terdapat banyak pendekatan yang berbeda untuk masing-masing tugas. Salah satu pendekatan yang populer untuk analisis kebutuhan adalah Kasus Gunakan analisis.

Teknik model populer meliputi Object-Oriented Analysis and Design (OOAD) dan Model-Driven Architecture (MDA). The Unified Modeling Language (UML) adalah sebuah notasi yang digunakan untuk kedua OOAD dan MDA.

Teknik yang sama digunakan untuk desain database adalah Entity-Relationship Modeling (ER Modeling).

Pelaksanaan teknik termasuk bahasa imperatif (object-oriented atau prosedural), fungsional bahasa, dan logika bahasa. [sunting] Mengukur pemakaian bahasa

Sangat sulit untuk menentukan apa yang paling populer bahasa pemrograman modern. Beberapa bahasa yang sangat populer untuk jenis aplikasi tertentu (misalnya, COBOL masih kuat di pusat data perusahaan, sering pada mainframe besar, FORTRAN dalam aplikasi teknik, bahasa scripting dalam pengembangan web, dan C dalam aplikasi embedded), sementara beberapa bahasa teratur digunakan untuk menulis berbagai macam aplikasi.

Metode untuk mengukur popularitas bahasa pemrograman meliputi: menghitung jumlah iklan lowongan pekerjaan yang menyebutkan bahasa [10], jumlah buku-buku pengajaran bahasa yang dijual (overestimates ini pentingnya bahasa baru), dan perkiraan jumlah baris yang ada kode yang ditulis dalam bahasa (meremehkan ini jumlah pengguna bahasa bisnis seperti COBOL). [sunting] Debugging Sebuah bug, yang debugged pada tahun 1947.

Debugging adalah tugas yang sangat penting dalam proses pengembangan perangkat lunak, karena program yang salah dapat memiliki konsekuensi yang signifikan bagi penggunanya. Beberapa bahasa yang lebih rentan terhadap beberapa jenis kesalahan karena mereka tidak memerlukan spesifikasi kompiler untuk melakukan pengecekan sebanyak bahasa lainnya. Penggunaan alat analisis statis dapat membantu mendeteksi beberapa kemungkinan masalah.

Debug sering dilakukan dengan IDE seperti Visual Studio, NetBeans, dan Eclipse. Standalone debugger seperti gdb juga digunakan, dan ini kurang sering menyediakan lingkungan visual, biasanya menggunakan baris perintah. [sunting] Bahasa pemrograman Artikel utama: bahasa pemrograman dan bahasa pemrograman Daftar

Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda (disebut paradigma pemrograman). Pilihan bahasa yang digunakan adalah tunduk pada banyak pertimbangan, seperti kebijakan perusahaan, kesesuaian untuk tugas, ketersediaan pihak ketiga paket, atau keinginan individunya. Idealnya, bahasa pemrograman yang paling cocok untuk tugas yang dihadapi akan dipilih. Trade-off dari ideal ini melibatkan cukup menemukan programmer yang tahu bahasa untuk membangun sebuah tim, ketersediaan compiler untuk bahasa, dan efisiensi dengan program-program yang ditulis dalam bahasa tertentu mengeksekusi.

Allen Downey, dalam bukunya How To Think Like A Computer Scientist, menulis:

   Rincian terlihat berbeda dalam berbagai bahasa, tetapi beberapa petunjuk dasar muncul di hampir setiap bahasa:
       * Input: Get data dari keyboard, file, atau beberapa perangkat lain.
       * Output: Display data pada layar atau mengirim data ke file atau perangkat lain.
       * Berhitung: Lakukan operasi aritmatika dasar seperti penjumlahan dan perkalian.
       * Bersyarat eksekusi: Periksa kondisi tertentu dan melaksanakan urutan sesuai pernyataan.
       * Pengulangan: Lakukan beberapa tindakan berulang-ulang, biasanya dengan beberapa variasi.

Banyak bahasa komputer menyediakan mekanisme untuk memanggil fungsi yang disediakan oleh perpustakaan. Menyediakan fungsi-fungsi di perpustakaan mengikuti konvensi runtime yang sesuai (misalnya, metode lewat argumen), maka fungsi-fungsi ini dapat ditulis dalam bahasa lainnya. [sunting] Pemrogram Artikel utama: Programmer Lihat juga: Software pengembang dan Software engineer

Pemrogram komputer adalah orang-orang yang menulis perangkat lunak komputer. Pekerjaan mereka biasanya meliputi:

   * Coding
   * Kompilasi
   * Dokumentasi
   * Integrasi
   * Pemeliharaan
   * Persyaratan analisis
   * Software arsitektur
   * Software pengujian
   * Spesifikasi
   * Debugging

[sunting] Lihat pula Wikipedia Buku Wikipedia: Buku memiliki buku pada: Pemrograman Cari Wikiquote Wikiquote memiliki koleksi kutipan yang berkaitan dengan: Pemrograman Artikel utama: Daftar topik dasar pemrograman komputer

   * Accu (organisasi)
   * Association for Computing Machinery
   * Computer pemrograman di era kartu pons
   * Hello world program
   * Daftar topik dasar pemrograman komputer
   * Daftar topik pemrograman komputer
   * Pemrograman paradigma
   * Software engineering
   * The Art of Computer Programming

Referensi

  1. ^ Paul Graham (2003). Hacker dan Pelukis. http://www.paulgraham.com/hp.html. Diperoleh 2006/08/22.
  2. ^ Kenneth E. Iverson, originator dari bahasa pemrograman APL, percaya bahwa hipotesis Sapir-Whorf diterapkan pada bahasa komputer (tanpa benar-benar menyebutkan nama hipotesis). Penghargaan Turing ceramah-Nya, "Notasi sebagai alat berpikir", ini ditujukan untuk tema ini, menyatakan bahwa lebih kuat dibantu notasi berpikir tentang algoritma komputer. Iverson KE, "Notasi sebagai alat berpikir", Communications of the ACM, 23: 444-465 (Agustus 1980).
  3. ^ New World Encyclopedia Online Edition New World Encyclopedia
  4. ^ Al-Jazari - the Mechanical Genius, MuslimHeritage.com
  5. ^ Sebuah abad ke-13 Programmable Robot, University of Sheffield
  6. ^ Fowler, Charles B. (Oktober 1967), "Museum of Music: A History of Mechanical Instrumen", Musik Pendidik Journal 54 (2): 45-49, DOI: 10.2307/3391092
  7. ^ Columbia University Computing Sejarah - Herman Hollerith
  8. ^ [1]
  9. ^ [2]
 10. ^ Survei iklan Ayub menyebutkan bahasa tertentu>

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *